Resep Cotton Japanese Cheesecake Yang Enak dan Lembut

Cara Membuat Cotton Japanese Cheesecake. Halo sahabat Dapoer Artyn, adakah bunda di sini yang pernah membuat cotton japanese cheesecake dirumah ? jika belum pernah maka kebetulan sekali karena hari ini saya akan membagikan resep cotton japanese cheesecake sehingga bunda-bunda dirumah bisa meniru dan mencoba membuatnya di rumah.

Meskipun pembuatan cheesecake ala Jepang ini sedikit berbeda dibandingkan dengan pembuatan cheesecake pada umumnya tetapi tenang saja bun karena secara keseluruhan sebenarnya untuk membuat kue yang satu ini bisa dikatakan cukup mudah sehingga Anda pasti juga bisa membuatnya dirumah.

Resep Cotton Japanese Cheesecake Yang Enak dan Lembut


Nah, apabila bunda dirumah penasaran dan ingin mencoba membuatnya maka silahkan simak cara membuat dan resep lengkapnya dibawah ini.


Resep Cotton Japanese Cheesecake

Bahan:
  • 160 gram cream cheese, bisa dibeli di supermarket besar (Carefour, Giant) di bagian dairy product.
  • 25 gram mentega / margarin
  • 120 gram susu cair (jika hanya memiliki susu bubuk maka larutkan 2 sendok makan susu bubuk dengan 120 ml air)
  • 40 gram tepung terigu protein sedang atau rendah (Misalnya, Kunci Biru atau Segitiga Biru Bogasari)
  • 30 gram tepung maizena
  • 4 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 1/4 sendok teh cream of tartar
  • 100 gram gula pasir
  • Seujung kuku garam


Cara Membuat:
  1. Panaskan oven, set disuhu 160’C lalu letakkan rak pemanggang di tengah. 
  2. Siapkan loyang bongkar pasang kemudian olesi dengan mentega dan taburkan tepung pada permukaannya. Bungkus rapat bagian luar loyang dengan menggunakan alumunium foil. Sisihkan.
  3. Siapkan panci atau mangkuk alumunium atau wadah tahan panas lainnya. Masukkan cream cheese, mentega dan susu cair. 
  4. Siapkan panci lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil, isi dengan air kira-kira 1/2 tinggi panci lalu letakkan mangkuk berisi cream cheese diatas panci berisi air ini. Ingat, jangan sampai dasar mangkuk menyentuh air di panci. 
  5. Panaskan di atas kompor sambil cream cheese diaduk-aduk menggunakan spatula balon hingga meleleh dan tercampur rata serta kental. Jika telah tercampur baik, segera angkat dari kompor.
  6. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan cream cheese, aduk rata dengan cepat sehingga menjadi adonan yang smooth dan bebas gumpalan. Biarkan adonan hangat sebelum memasukkan kuning telur.
  7. Jika adonan cream cheese telah tidak terlalu panas, masukkan kuning telur dan aduk rata. Sisihkan.
  8. Siapkan mangkuk mixer lalu kemudian masukkan putih telur, kocok dengan speed tinggi hingga berbusa selama kurang lebih 2 menit. 
  9. Tambahkan cream of tartar, kocok hingga mengembang lalu kemudian masukkan gula pasir secara bertahap. 
  10. Bagi gula menjadi 3 tahapan dan pastikan gula tercampur baik sebelum menambahkan porsi gula berikutnya. Kocok hingga putih telur terlihat mengkilap dan kaku, ketika di sendok menggunakan spatula terbentuk puncak yang kaku dan bertahan. Jika sudah selesai maka matikan mikser
  11. Masukkan putih telur bertahap ke dalam adonan tepung dan aduk dengan teknik aduk balik, jika telah tercampur baru tambahkan porsi kocokan putih telur berikutnya. 
  12. Dengan menambahkan secara bertahap maka putih telur lebih mudah tercampur di adonan dan tidak bergumpal-gumpal. Jika telah tercampur rata, tuangkan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
  13. Masukkan loyang berisi adonan ke loyang lainnya yang berukuran lebih besar, tuangkan air panas dengan hati-hati di loyang bagian bawah kira-kira 1/4 tinggi loyang. 
  14. Panggang cake selama 45- 50 menit atau hingga cake terlihat mengeras dan berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan angkat loyang cake dari air.
  15. Jika permukaan cake terlihat kecoklatan sementara bagian dalam belum matang, tutup permukaan loyang dengan alumunium foil dan lanjutkan memangang.
  16. Biarkan sebentar agar cake agak mendingin kemudian sisiri tepi cake dengan pisau tajam agar cake benar-benar lepas dari loyang. Lepaskan loyang bongkar pasang.
  17. Potong-potong cake dan siap untuk disantap. 
  18. Selamat mencoba


Itulah resep dan cara membuat cotton japanese cheesecake yang enak dan lembut ala Dapoer Artyn. Jika bunda ada waktu luang maka bisa mencoba membuat kue yang satu ini dirumah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cotton Japanese Cheesecake Yang Enak dan Lembut